468x60 Ads

Villa Bukit RayoTelun BeringinKincir Air KasiroTalun SaluroketekAdmin ABASenja di kaki bukit Rayo

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) akan dibangun di  Muara Air Dua, Desa Tambak Ratu, Kecamatan Batang Asai,
Sumber Dana berasal Pemerintah Pusat dengan biaya sebesar Rp1,4 miliar, yakni bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui progam Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) tahun 2010 yang lalu. Untuk jaringan kabel serta penyambungannya,bersumber dari APBD Tahun 2011 Kabupaten Sarolangun senilai Rp100 juta, yang temasuk dalam program 100 hari bupati dan wakil bupati terpilih kata Wabup Sarolangun, H.Pahrul Rozi dalam kunjungan kerja Bupati Sarolangun.

Dalam kunjungan kerja  Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar dan Wakil Bupati (Wabup) Sarolangun, H.Pahrul Rozi ke Kecamatan Batang Asai.  Wagub menyatakan, perhatian pemerintah pusat sangat besar kepada masyarakat Batang Asai, salah satunya dengan pembangunan PLTMH ini sembari menghimbau masyarakat untuk bersama-sama merawat PLTMH tersebut, serta rutin membayar iuran dalam pemakaian listrik tiap bulannya.

Senada dengan himbauan Wagub, Wabup Sarolangun ini juga menghimbau masyarakat untuk merawat PLTMH tersebut semaksimal mungkin.  Untuk diketahui, setelah adanya PLTMH Muara Air Dua ini, pada tahun 2011, 220 kepala keluarga di Desa Tambak Ratu telah bisa menikmati energi listrik selama 24 jam tiap harinya. Rumah-rumah yang menggunakan listrik dari PLTMH ini bahkan bisa menggunakan kulkas. Kebutuhan es di kota Kecamatan Batang Asai disuplai dari Desa Tambak Ratu (dari penggunaan energi listrik PLTMH ini), karena di kota Kecamatan Batang Asai, listrik dari PLTD hanya hidup enam jam dalam sehari, yakni jam 18.00-24.00 WIB.

Kunjungan kerja Gubernur Jambi yang di hadiri oleh Wakil Gubernur  Jambi  juga didampingi oleh Asisten II Sekda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, dan Sekda Sarolangun, serta para pejabat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar